Home / Rubrik / Tips Menggunakan Senapan Angin Gejluk

Tips Menggunakan Senapan Angin Gejluk

Senapan angin merupakan salah satu alat yang sering digunakan seseorang untuk berburu. Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki hobi berburu, maka tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah senapan angin. Sejak dulu hingga saat ini, senapan angin tetap menjadi andalah untuk berburu. Dengan produksi yang terus berkembang, senapan angin akan tetap menemani aktifitas berburu Anda.

Meskipun saat ini zaman sudah semakin modern, orang yang hobi berburu tetap memilih untuk menghabiskan hari-harinya untuk berburu. Entah itu karena sekedar melepas hobi atau justru menjadikan kegiatan berburu sebagai mata pencaharian. Untuk alasan apapun, berburu memang menjadi hal yang menyenangkan. Namun tidak jarang berburu menjadi hal sangat menjengkelkan, misalnya saat hewan buruan tak kunjung datang atau kondisi senapan yang kurang mendukung.

menggunakan-senapan

Senapan memang mempengaruhi kegiatan berburu. Semakin Anda memilih jenis senapan yang berkualitas, maka Anda akan semakin mudah dan lancar dalam kegiatan berburu. Berbeda dengan saat kualitas senapan Anda biasa-biasa saja, tentu Anda akan sedikit jengkel jika senapan Anda kurang bisa maksimal sehingga kegiatan berburu Anda menjadi terhambat.

Berbicara masalah senapan, perusahaan senapan memang berbondong-bondong untuk memproduksi produk terbaiknya. Selain itu, mereka juga terus bersaing untuk bisa menempati posisi pasar. Harus diakui memang banyak orang yang lebih memilih senapan import karena memiliki kualitas yang lebih baik dan cara kerjanya memuaskan. Namun  bukan berarti produk lokal seperti senapan angin Gejluk tidak termasuk produk yang memiliki kelebihan dan kualitas tersendiri.

Senapan angin gejluk merupakan jenis senapan angin yang cara penggunaannya menggunakan pompa kaki. Senapan jenis ini memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memudahkan mereka baik dalam pemakaian maupun perawatan. Senapan Gejluk itu sendiri merupakan hasil perkembangan dari senapan jenis pompa tangan call 4,5 yang saat ini dimodifikasi sedemikian rupa dengan tujuan menjawab kebutuhan konsumen.

cara memompa senapan angin gejluk

Senapan angin juga dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan jenis senapan yang lebih murah dan praktis. Senapan ini hanya dengan sekali isi mampu memberikan banyak tembakan  sesuai dengan kepadatan tabung serta power yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan jenis senapan ini, Anda akan semakin praktis karena tidak perlu membawa pompa tambahan, selain itu Anda juga tidak perlu takut kehabisan saat berburu.

Senapan angin Gejluk memang dibuat dari bahan yang berkualitas mulai dari popor yang dibuat dari jenis kayu galih sono kelas satu. Senapan angin Gejluk ini adalah senapan angin yang dikerjakan melalui kerajinan, bukan oleh produksi masal sehingga hasil produksinya pun tidak main-main. Pasti sangat baik dan berkualitas. Jika diamati, senapan angin Gejluk ini memang lebih kepada kerajinan dari pada produksi pabrik.

Senapan angin Gejluk sendiri merupakan istilah cara pemompaan atau jika dalam bahasa Jawanya cara memompa senapan ini adalah dengan cara digejluk. Sistem pengisian pada senapan angin jenis ini adalah sistem manual alternative selain menggunakan pompa samping atau pompa tangan. Senapan angin yang menggunakan mekanisme gejluk umumnya menggunakan knock open valve pada mekanisme perpindahan daya udara tekan. Knock open valve tersebut biasanya memang memberi manfaat dalam mengukur besarnya udara tekan yang hendak digunakan untuk melempar peluru. Dengan memakai mekanisme tegangan dan regangan pegas serta menggunakan permainan gigi rack senapan jenis ini mampu mengatur besar kecilnya daya yang digunakan menyesuaikan dengan yang dibutuhkan oleh pengguna. Senapan jenis ini memang banyak digunakan oleh mereka yang menjaga tanaman sawit dan karet dari berbagai serangan hama babi hutan dan hewan perusak tanaman lainnya. Hal itu dikarenakan senapan Gejluk memiliki pressure yang tinggi untuk menumbangkan hama hewan yang memilki ukuran besar.

Penggunaan mekanisme pemompaan dengan model Gejluk sangat memungkinkan udara tekan yang melakukan pengisian pada tabung mempunyai pressure yang sangat tinggi sehingga senapan gejluk jenis ini sangat cocok digunakan untuk para penggemar medium game. Senapan angin Gejluk harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan senapan untuk big game. Karena senapan angin Gejluk ini tergolong senapan yang multi shot, maka banyak nya jumlah tembakan tergantung pada seberapa sering tarikan yang tertinggi digunakan. Semakin sering Anda menggunakan tarikan yang tertinggi, maka udara yang digunakan disitu akan semakin banyak sehingga udara tekan yang terdapat dalam tabung akan lebih cepat berkurang.

Sanaji-gejluk-2

Senapan angin Gejluk itu sendiri memiliki beberapa varian model dan jenis. Anda bisa memilihnya sesuai dengan selera Anda. usahakan untuk tidak salah memilih. Namun, meski senapan jenis ini terbagi dalam berbagai varian, cara penggunaannya relatif sama. Oleh karena itu,  berikut ini adalah tips menggunakan senapan angin Gejluk yang bisa membantu Anda mengatasi kebingungan saat mengoperasikan senapan ini. Terlebih bagi Anda yang baru pemula. Berikut rinciannya:

  • Saat senapan Anda masih baru dan barusan datang, usahakan hal pertama yang Anda lakukan adalah memompanya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan biasanya senapan yang baru datang hanya diisi dengan 200-300 x pompa.
  • Setelah senapan dipompa hingga penuh, usahakan untuk menembaknya menggunakan tarikan gigi yang kecil terlebih dahulu karena senapannya masih tergolong baru.
  • Jangan sampai senapan Anda kehabisan angin agar tidak terjadi kebocoran.
  • Saat memasukkan peluru, usahakan untuk mendorongnya dengan keras hingga peluru benar-benar masuk dan dikunci. Hal ini bertujuan agar pelurunya tidak terbalik. Jika Anda mendorongnya kurang kuat, maka peluru biasanya akan macet dan tidak bisa digunakan untuk menembak.
  • Gunakan peluru dengan caliber 4.5 mm dan jangan yang ukurannya lebih besar dari itu karena akan dapat merusak bagian lup kecuali senapan memang sudah dipakai selama berbulan-bulan.
  • Berikanlah minyak pelumas pada bagian yang kemungkinannya kering dan perlu untuk diberi pelumas. Hal ini agar senapan Anda tidak aus dan kegiatan memompanya pun tetap ringan.
  • Jika Anda menggunakan peredam, usahakan agar peredam Anda berada dalam posisi center atau selaras dengan senapan angin Anda. hal ini bertujuan agar tidak mempengaruhi tembakan.
  • Anda harus memastikan bahwa senapan angin Anda tidak dalam kondisi aktif.
  • Saat senapan Anda mengalami kerusakan dan Anda tidak sanggup untuk mengatasinya, usahakan untuk membawa senapan ke tempat servis yang terdekat.
  • Jauhkanlah senapan Anda dari jangkauan anak-anak dan usahakan untuk tidak menaruh senapan disembarang tempat.
  • Saat Anda sedang berburu ataupun sekedar mencoba senapan angin, pastikanlah bahwa senapan Anda sedang dalam keadaan yang terisi angin. Hal ini bertujuan agar senapan angin Anda tidak mudah rusak dan tetap awet karena senapan jenis ini paling rentan terkena kebocoran.

Itulah tips menggunakan senapan angin Gejluk yang bisa Anda contoh dan bisa Anda jadikan pelajaran. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

About admin

Check Also

Titik – Titik Lemah Hewan Buruan

Setiap makhluk hidup tentu memiliki kelemahan nya masing masing. Dan biasanya kelemahan itu ada pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *