Home / Senapan Angin / 9 Langkah Mudah Tune Up Senapan Angin Jadi Luar Biasa

9 Langkah Mudah Tune Up Senapan Angin Jadi Luar Biasa

senapan-angin

Anda pecinta senapan angin untuk berburu? Sayangnya senapan angin anda masih kualitas rendah dan masih berharap memiliki senapan angin kualitas bagus dengan power besar. Memang tidak ada cara lain untuk mendapatkan senapan angin dengan power kuat selain dengan membeli yang memiliki spesifikasi demikian. Tetapi kita bisa menyulap senapan angin kualitas rendah kita menjadi memiliki kualitas power yang lebih tinggi. Lakukan saja tune up senapan angin agar jadi luar biasa, berikut caranya:

Cara Tune Up Senapan Senapan Angin

Ada beberapa langkah dan hal yang harus anda pahami terkait dengan senapan angin, diantaranya kenyataan bahwa:

  1. Semua senapan angin pada dasarnya memiliki kerja yang sama. Mereka bekerja dengan cara memampatkan udara dan melepaskanya dengan sangat cepat, sehingga tekanan udara yang dilepaskan mendorong peluru keluar di tandai dengan pelatuk yang di tarik. Peluru ini keluar melalui laras senapan angin. Jadi besarnya atau jauhnya peluru yang keluar sangat ditentuka oleh seberapa besar kekuatan angin mendorongnya. Sehingga ada beberapa hal yang perlu ditekankan:
  • bahwa semakin besar tabung yang dimiliki senapan angin, semakin banyak pula angin yang ditampung oleh tabung;
  • semakin rapat angin yang disimpan, alias hanya keluar dari laras senapan bukan yang lain, maka efisiensi pula menghasilkan tenaga yang lebih besar.
  1. Pengecekan ukuran tabung. Langkah berikutnya adalah mengecek terlebih dahulu ukuran tabung senapan angin yang kita miliki. Jika senapan angin yang kita miliki memiliki kualitas tabung yang besar dengan kerapatan angin bagus atau hanya memiliki resiko angin keluar dari maka sebenarnya kita tak perlu melakukan tune up. Senapan angin dengan tabung besar artinya sudah mampu menyimpan jumlah angin yang besar artinya powernya pun sudah mantap. Jadi buat apa di tune up lagi? Langsung saja buat berburu.
  2. Cek kerapatan. Kalau ukuran tabung besar dengan kerapatan bagus, tentu sudah tak perlu tune up. Tapi kalau tabung kecil, tentu perlu tune up. Bagaimana cara pengecekanya? Anda dapat melakukan pengecekan terkait dengan kerapatan senapan angin dengan cara memompa senapan angin sebanyak 1 hingga 3 kali saja, lalu tutuplah ujung laras dengan senapan, jika angin dalam sekejab setelah anda tekan pemicunya habis, itu artinya senapan angin anda telah mengalami kebocoran di banyak tempat. Tetapi jika angin tetap bertahan di dalam sampai saat kita lepaskan jari kita dari ujung laras, maka senapan angin bisa dikatakan telah memiliki kerapatan yang bagus dan tak perlu lagi melakuka tune up.
  3. Atasi kebocoran angin. Inti tune up sebenarnya adalah mengatasi senapan angin dari kebocoran yang bisa saja terjadi ketika kita melapaskan tembakan. Kebocoran biasanya terjadi pada belakang tabung, tabung bagian atas atau apa yang ada di antara tabung menujun ke lars senapan) dan juga di gerendel. Setelah anda temukan dimana letak kebocoranya, anda harus mengatasi kebocoran tersebut:
  • Kebocoran di belakang tabung. Kebanyakan tabung senapan angin yang baru kita beli hanya menggunaka satu sil pen saja yaitu berada di depan. Jadi ada kemungkinan saat angin kita lepaskan angin banyak yang menerobos ke belakang. Anda harus mengatasi masalah ini agar angin yang dilepaskan tidak menerobos ke belakang. Caranya: buatlah lubang di belakang tabung untuk meletakkan sil pen di belakang tabung. Pertama-tama anda harus membuka tabung dan lihat sil pen yang menahan angin di dalam tabung pada ujung pen. Anda harus membuat serupa dengan yang ada pada ujung tabung di belakang tabung.
  • Kebocoran pada lubang transfer. Jika terjadi kebocoran di lubang transfer yakni dari tabung ke laras senapan, maka kita harus membuat sil di luar tabung. Fungsi utama sil yang kita buat adalah untuk memaksimalkan angin yang masuk ke dalam tabung saat di pompa, mensejajarkan posisi tabung dan menjaga kerapatan sil transfer. Biasanya senapan angin baru hanya memiliki satu sil saja, maka kita perlu tambah satu atau dua lagi.
  • Kebocoran pada gerendel. Pastikan terlebih dahulu, senapan angin anda menggunakan apa untuk memasang laras senapan angin. Jika menggunakan sistem baut, seperti yang ada pada sharp innova, blazer, ataupun sharp king, maka anda anda harus menambahkan lem plastic steel terlebih dahulu saat memasang laras senapan angin. Tujuanya angin yang berasal dari tabung tidak menerobos melalaui samping laras. Selanjutnya, tune up gerendel senapan angin anda dengan cara menambahkan sil di belakng sil yang sudah ada dengan ukuran yang lebih besar. jangan terlalu besar. Tujuanya adalah agar sil yang berada di depan akan masuk ke dalam laras senapan dan sil yang berada di belakang akan menahan tepat di belakang sambungan laras senapan angin. Bagian ini biasanya adalah bagian yang paling sering terjadi kebocoran kecil.

Nah, jika semua sudah memiliki kerapatan maksimal, sekarang cobalah dengan memompa semaksimal mungkin senapan angin anda. Letakkan peluru, cobalah tembakkan, apakah sudah terjadi perubahan atau belum. Jika memang rapat pasti banyak perubahan. Pastikn bahwa peluru yang anda gunakan memiliki cetakan yang rata dan pas dengan ukuran lubang senapan angin anda. sebab jika terllau kecil ukuran pelurunya, angin akan menerobos di sela-selanya. Sehingga laju peluru tidak maksimal.

 

About admin

Check Also

senapan angin

4 Jenis Senapan Angin Yang Ada Di Indonesia

Jenis Senapan Angin Di Indonesia banyak sekali . Mulai dari senjata api seperti pistol, shotgun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *